Review Fitrah Seksualitas Hari Ke-6

Hari ke-6 fasilitator dan peserta khilaf 😂 Jadi tidak ada presentasi. Namun, diskusi hangat seputar aneka fitrah manusia masih berlangsung. Ternyata, ada perbedaan. Yang ada dalam pemahaman saya pun ternyata masih kurang tepat…

Berikut ini saya rangkum beberapa poin pentingnya yaa…

[12/1 22:34] Fatimah Al Bathul IIP: Jadi yang bisa dihukumi itu perilaku seksualnya ya?

Apakah sesuai dengan fitrah seksualnya atau tidak, apakah sesuai dengan koridor moral dan agama yang berlaku di masyarakat atau tidak. Gitu ya, mba @⁨Siwi Aryani IIP⁩?
[12/1 22:49] Siwi Aryani IIP: Hukumi gimana mba?

Fitrah seksualitas itu adalah bagaimana seseorang berpikir dan bertindak sesuai Dengan gendernya wanita sejati atau pria sejati. Ga ada yang lain✌🏻
[12/1 22:56] Fatimah Al Bathul IIP: Maksudnya bisa dikasih penilaian, mba
[12/1 22:57] Siwi Aryani IIP: Kalau itu dua2nya bisa. Kapan dikatakan perilaku seksual yang menyimpang atau fitrah seksual yang menyimpang.

Gini mba maksudnya?
[12/1 22:58] Fatimah Al Bathul IIP: Iya gitu, mba.

Bentar mikir lagi dulu 🤭😁
[12/1 23:00] Fatimah Al Bathul IIP: Kalau fitrah seksual menyimpang (yang gak berkaitan sama perilaku seksual) itu misalnya apa, mba?
[12/1 23:03] Siwi Aryani IIP: Dia tidak sadar dia laki2 atau perempuan.

Fitrah seksualitas tidak selalu penyimpangan perilaku seksual. Ini menurutku lho.
Tomboy itu penyimpangan fitrah seksual. Tapi perilaku seksualnya biasa aja.. Dia ga ngeres misal.

Duh bahasanya🙈
[12/1 23:05] Siwi Aryani IIP: LGBT itu fitrah seksual dan perilaku seksual menyimpang.

Pornografi dan. Pornoaksi itu perilaku seksual ya g menyimpang tapi bukan fitrah seksual. Melainkan fitrah keimanan, bisa juga fitrah Sosial (ga berani nolak ajakan temen)
[12/1 23:12] Fatimah Al Bathul IIP: Noted, mba siwi 😍
Jadi semakin paham tentang serba-serbi fitrah seksual ini.
[13/1 07:34] Evin IIP Jogja: Baru buka hape
[13/1 07:34] Evin IIP Jogja: Semalam kemudian 🤭🤭
[13/1 07:35] Evin IIP Jogja: Terimakasih jawabanbnya bunda @⁨Iedha IIP⁩
[13/1 07:35] Evin IIP Jogja: Tuh..kan akhirnya para mastah pada ke luar kamar juga colek bunda @⁨Siwi Aryani IIP⁩ Nah yang belum keluar itu bunda @⁨Barlian Mustikaningrum IIP⁩
[13/1 07:37] Evin IIP Jogja: Ayo dong kasih saya ilmu yang banyak tentang fitrah seksualitas ini..

Senang dan bahagia disini..belajar bersama tetapi tidak menggurui

Belajar bersama, sama-sama belajar
[13/1 07:40] Evin IIP Jogja: Seperti bunda @⁨Deasy Irawati IIP Solo⁩ juga saya termasuk anak yang di didik secara otoriter dan saya kurang dekat dengan sosok ayah, dan saya baru sadar itu sekarang

Pola asuh orangtua sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, saya pun sempat benci sama ayah saya pun kedua adik saya, sampai sekarang sih sebetulnya

Tetapi sebagai anak kita tidak bisa mengutarakan kegundahan hati atau jika ada hal tdk sreg dengan ayah, seakan ada dinding pemisah yang begitu kokoh dan tidak bisa kita tembus
[13/1 07:46] Evin IIP Jogja: Setelah saya menikah Dan belajar terutama belajar tentang fitrah seksualitas dan juga di banyak di bimbing oleh suami, perlahan saya memukul tembok itu walau ternyata tidak mudah, butuh perjuangan luar biasa ternyata.

Kelu rasanya jika harus berbicara dari hati ke hati kepada ayah, berbeda dengan ibu ( karena sering curhat)

Kini saya berusaha berpandangan sama dan tidak memihak salah satu, tapi nyatanya kedua adik saya masih condong kepada ibu saya.

Pernah suatu ketika saya mendukung apa yang ingin di lakukan ayah, lah malah saya yang di diamkan sama ibu, karena adik saya yang jadi provokator, hmmm serba bingung
[13/1 07:46] Evin IIP Jogja: Menurut teman- teman apa yang harus saya lakukan yah?
[13/1 07:46] Evin IIP Jogja: Mohon sarannya
[13/1 07:46] Evin IIP Jogja: Terimakasih
[13/1 07:59] Siwi Aryani IIP: Tanya kata hati aja mba.. Mana yang menurut kata hati terbaik InsyaAllah itu yang terbaik. Percaya kata hati aja mba.
[13/1 10:33] Evin IIP Jogja: Oh begitu yah..Terimakasih mba @⁨Siwi Aryani IIP⁩ 🤗🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *